Manfaat Pengelolaan Bank Sampah; dari sampah jadi rupiah

Konsep dasar pengelolaan sampah “3M”, yakni Mengurangi sampah, Memanfaatkan sampah dan Mendaur-ulang Sampah. Kemudian berkembang menjadi Konsep "5M" yakni dengan menambahkan 2M yaitu Memilah sampah dan Menabung sampah. Untuk itu, ada tiga komponen bank sampah yang harus dilengkapi, yaitu 3 P: Penabung, Pengelola dan Pembeli Sampah.

Gb. contoh Bagan Bank Sampah

Sedangkan manfaat bank sampah antara lain:
Pertama, dari aspek lingkungan: Berkurangnya jumlah sampah yang harus dibuang ke TPA, membantu mengurangi pencemaran udara akibat pembakaran sampah, dan membantu menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih, meningkatkan kesadaran lingkungan pada masyarakat, dan lainnya.

Kedua, dari aspek pendidikan: Menanamkan pentingnya mengelola sampah rumah tangga kepada masyarakat dengan cara diinvestasikan/ ditabung, melakukan pendidikan lingkungan hidup sejak dini terhadap anak-anak dengan tidak meninggalkan tumbuh kembang mereka, anak-anak akan memahami pentingnya menabung, dan anak-anak akan memaknai sampah yang mereka hasilkan.

Ketiga, dari aspek sosial ekonomi: Menambah pendapatan keluarga dari sampah yang mereka tabung di bank sampah, mengubah persepsi negatif yang berkembang di masyarakat terhadap penggiat sampah terutama pemulung, membuka lapangan kerja, dan lainnya. [az]
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Terima kasih sudah berkunjung,...

Thanks For Your Comment Here